Makalah
Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Menulis Puisi
Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah dilakukan melalui harminasasi olea hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik). keterampilan menulis puisi di ajarkan di sekolah melalui pembelajaran sastra. Pembelajaran sastra di sekolah diharapkan mampu membuat siswa mengekspresikan keinginannya dalam bentuk positif. Kemampuan menulis puisi bertujuan menyeimbangkan jiwa dan kepekaan terhadap lingkungan yang memiliku unsur keindahan, dengan puisi siswa akan semakin mengerti tentang hakikat kemanusiaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jika jiwa kemanusiaan semakin kuat maka nilai kekerasan akan melemah dengan sendirinya. Sebab, jarang sekali puisi dan kekerasan tampil secara bersamaan. Karakter bangsa yang diharapkan adalah terjadinya keseimbangan hubungan siswa dengan Tuhan, alam semesta, makhluk sosial serta yang paling penting adalah dirinya sendiri.
Tidak tersedia versi lain