Makalah
Pembelajaran BIPA dengan Jejaringan Media Pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan proses pembelajaran BIPA, pengetahuan dalam pembelajaran BIPA, dan menjelaskan alasan bagi guru untuk memilih materi dalam pembelajaran BIPA sebagai tahap yang harus dilalui oleh penutur asing dalam belajar bahasa Indonesia. Media adalah bentuk media jamak yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media yang digunakan adalah media pendidikan yang berfungsi sebagai seni edukatif, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Selain itu, ada juga penggunaan media yang bisa digunakan secara massal atau konvensional. Penggunaan media disesuaikan dengan tingkat penutur asing. Ini dicatat dalam tiga tahap yang akan dilewati oleh penutur asing, yaitu : Pengguna Dasar (A1 dan A2), Pengguna Independen (B1 dan B2), Pengguna Mahir (C1 dan C2). Proses pengumpulan bahan dengan cara observasi, wawancara, penulisan, yang dilakukan oleh instruktur kepada penutur asing.
Tidak tersedia versi lain