Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan proses pembelajaran BIPA, pengetahuan dalam pembelajaran BIPA, dan menjelaskan alasan bagi guru untuk memilih materi dalam pembelajaran BIPA sebagai tahap yang harus dilalui oleh penutur asing dalam belajar bahasa Indonesia. Media adalah bentuk media jamak yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media yang digunakan adalah…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran digital dapat meningkatkan kemampuan kosakata pemelajar BIPA. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan di kelas BIPA level A-1 Samarkand State INstitute of Foreign Languages, Uzbekistan.
Berisi bahan pengayaan untuk siswa asing yang belajar Bahasa Indonesia.
Pemanfaatan BIPA sebagai salah satu potensi dalam promosi pariwisata merupakan langkah yang dapat diwujudkan. Keterwujudannya diharapkan akan membawa hasil berupa kesuburan dalam kepariwisataan nasional yang dapat membuahkan devisa yang sangat berarti bagi bangsa. Keterwujudan langkah pemanfaatan BIPA itu harus didukung oleh semua pihak terkait, seperti pihak yang terlibat pada penyelenggaraan …
Dalam penelitian itu dikaji beberapa hal, yaitu sistematika penyajian bahan ajar BIPA untuk tingkat pemula, komposisi bahan ajar dalam mengembangkan kompetensi berbahasa pembelajaran, dan pengembangan model yang tepat bagi bahan ajar BIPA untuk tingkat pemula.
Buku ini sebagai bahan ajar BIPA untuk tingkat lanjut yang merupakan kelanjutan Lentera 1 dan Lentera 2. Buku tersebut berisi di samping senagai bahan ajar kebahasaan, tetapi juga berisi informasi tentang masyarakat dan budaya Indonesia.
Buku ini merupakan bahan ajar BIPA untuk tingkat madya, kelanjutan dari Lentera Indonesia 1. Selain berisi tentang bahan ajar kebahasaan, buku tersebut juga berisi informasi tentang masyarakat dan budaya Indonesia.
Pemutakhiran lembaga penyelenggara program BIPA di Tiongkok pada laman Badan Bahasa adalah:1) Lembaga-lembaga penyelenggara program BIPA di Tiongkok berupa universitas berjumlah sembilan yang tersebar di sejumlah daerah/wilayah, wilayah utara (3 universitas), timur (1universitas), selatan (1 universitas), dan barat daya (4 universitas), 2) Laman Badan Bahasa, www.badanbahasa.kemdikbud.go.id/bip…
Artikel ini telah memaparkan sandng kata yang tidak lazim dan tidak berterima dalam bahasa Indonesia yang dihasilkan oleh pembelajar asing bahasa Indonesia yang bahasa ibunya dalah bahasa Inggris. Ada dua simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini. Pertama, pembelajar bahasa asing bahasa Indonesia membuat kesalahan sanding kata baik leksikal maupun gramatikal. Kedua, ketidaklaziman sanding…
Makalah tersebut menyoroti masalah bahan evaluasi, yang berupa pengujian eksternal dalam konteks pengajaran BIPA, seperti halnya TOEFL dan IELTS dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pembahasan sarana pengujian eksternal yang disebut UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) itu mencakupi tujuan pengujian, ragam bahasa, komponen soal, sistem skor yang digunakan serta hasil analis…