
Tujuan buku ini adalah mensurvey pengaruh linguistik terhadap literasi atau kemelek-hurupan. Dengan menyediakan menyediakan anotasi bibliografi yang cukup banyak diharapkan agar pembaca yang tertarik dapat terus mengkaji subjek ini secara mendalam.

Buku ini berisi tentang teori belajar bahasa.

Buku ini mengangkat isu-isu tentang perbedaan bahasa dan mengulas pengaruh-pengaruh kemultibahasaan terhadap penutur individu dan juga penutur sosial. Buku ini lebihi menekankan kehidupan atau sistem sosial bahasa daripada berpokus hanya pada teori-teori bahasa. Dalam buku ini juga penulis mengulas hubungan bahasa dengan nasionalisme, identitas, sejarah, politik, dan pendidikan.

Buku ini terdiri dari 6 bab, membicarakan komunikasi dan fungsi-fungsi bahasa, keanekaragaman bahasa, bahasa sebagai sistem simbol, Perencanaan bahasa dan pembakuan bahasa, bilingualisme dan diglosia, serta pendidikan bahasa.

Buku ini merupakan salah satu kajian linguistik yang rumit, yaitu leksikografi sebagai ilmu yang berkaitan dengan disiplin-disiplin yang mengkaji sistem-siztem semantik, leksikologi, grammar, dan juga stylistik. Pada bab I misalnya buku ini memaparkan bagaimana bentuk dan jenis makna leksikal, bab II & III membahas variasi formal dari kata serta kombinasi kata, bab VI memaparkan ragam bahasa, t…

Mendeskripsikan pemerolehan bahasa Inggris anak bilingual Melayu Manado-Indonesia. Pembahasannya mencakup penggambaran situasi kebahasaan di sekolah TK, kosakata yang diajarkan kepada para murid, dan interferensi lafal kosakata Bahasa Indsonesia/bahasa Melayu Manado terhadap bahasa asing.


Buku ini merupakan sebuah kajian yang di-kata pengantar-i oleh Andre Martinet, yang mengkaji persoalan-persoalan kebahasaan yang berkaitan dengan kedwibahasaan. Hal-hal yang diankat antara lain tentang problem pendekatan yang dilakukan dalam mengkaji contak dan inferensi bahasa, perbedaan di antara bahasa-bahasa, tentang mekanisme penyebab interferensi struktural dalam kajian linguistik, tentan…

Buku ini berisi kumpulan tujuhbelas tulisan Einar Haugen tentang perencanaan bahasa serta kedwi-bahasaan yang ada dalam bahasa serta linguistik Scandinavia. Dalam hal ini, wacana yang diangkat adalah bahasa-bahasa kalangan imigran serta persoalan-persoalan sosiolinguistik. Hal-hal yang dibahas antara lain, tentang bahasa dan imigrasi, persoalan dwi-bahasa, perencanaan bahasa di negara Norwegia,…

Perencanaan bahasa sebagai cabang sosiolinguistik merupakan bidang yang berkembang yang melihat bahasa sebagai sumber sosial.perencanaan bahasa dilakukan lewat usaha-usaha yang kooperatif antara yang berwenang pada bidang politik, pendidikan, ekonomi, dan khususnya linguistik. Terdiri dari tujuh bab, buku ini mengawali kajiaannya dengan pengantar awal tentang perencanaan bahasa. Kemudian, pada …