Buku ini berisi tentang teori belajar bahasa.
Buku ini mengangkat isu-isu tentang perbedaan bahasa dan mengulas pengaruh-pengaruh kemultibahasaan terhadap penutur individu dan juga penutur sosial. Buku ini lebihi menekankan kehidupan atau sistem sosial bahasa daripada berpokus hanya pada teori-teori bahasa. Dalam buku ini juga penulis mengulas hubungan bahasa dengan nasionalisme, identitas, sejarah, politik, dan pendidikan.
Buku ini terdiri dari 6 bab, membicarakan komunikasi dan fungsi-fungsi bahasa, keanekaragaman bahasa, bahasa sebagai sistem simbol, Perencanaan bahasa dan pembakuan bahasa, bilingualisme dan diglosia, serta pendidikan bahasa.
Buku ini merupakan sebuah kajian yang di-kata pengantar-i oleh Andre Martinet, yang mengkaji persoalan-persoalan kebahasaan yang berkaitan dengan kedwibahasaan. Hal-hal yang diankat antara lain tentang problem pendekatan yang dilakukan dalam mengkaji contak dan inferensi bahasa, perbedaan di antara bahasa-bahasa, tentang mekanisme penyebab interferensi struktural dalam kajian linguistik, tentan…
Buku ini berisi kumpulan tujuhbelas tulisan Einar Haugen tentang perencanaan bahasa serta kedwi-bahasaan yang ada dalam bahasa serta linguistik Scandinavia. Dalam hal ini, wacana yang diangkat adalah bahasa-bahasa kalangan imigran serta persoalan-persoalan sosiolinguistik. Hal-hal yang dibahas antara lain, tentang bahasa dan imigrasi, persoalan dwi-bahasa, perencanaan bahasa di negara Norwegia,…
Perencanaan bahasa sebagai cabang sosiolinguistik merupakan bidang yang berkembang yang melihat bahasa sebagai sumber sosial.perencanaan bahasa dilakukan lewat usaha-usaha yang kooperatif antara yang berwenang pada bidang politik, pendidikan, ekonomi, dan khususnya linguistik. Terdiri dari tujuh bab, buku ini mengawali kajiaannya dengan pengantar awal tentang perencanaan bahasa. Kemudian, pada …
Full-text