Buku itu berisi rumusan kebijakan Depdiknas tahun 2006 yang meliputi kebijakan umum dan kebijakan pelaksanaan program tahun 2006.
Dalam penelitian itu diungkapkan dan dideskripsikan tingkat kedisiplinan warga perkotaan dan upaya-upaya pembinaan disiplin yang telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait.
Makalah ini menguraikan situasi kebahasaan dalam pendidikan di Indonesia dan Pakistan, termasuk kebijakan kebahasaan dalam proses pendidikan.
Makalah ini memfokuskan diri pada upaya memahami kebijakan yang terkait dengan pembelajaran bilingual di kelas (R)SBI dan mencoba menguraikan dampak yang muncul akibat penerapan kebijakan tersebut. Selanjutnya, akan diberikan usulan pembenahan atau perbaikan sistem yang secara khusus terkait dengan perencanaan pengembangan dan/atau mereposisikan bahasa Indoneisa dalam penyelenggaraan (R)SBI.
Makalah ini menguraikan perihal kendala dan tantangan kebijakan bahasa dan perencanaan bahasa di Indonesia.
Dasar kebijakan yang perlu dilakukan mencakup kebijakan bahasa nasional, yang menunjukan garis pengelolaan dan pengolahan masalah bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia, tujuan pendidikan nasional, serta tujuan dan fungsi pengajaran bahasa.