Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan perkembangan pemerolehan bahasa anak, dari usia 12 -- 42 bulan, meliputi pemerolehan fonomorfologis, leksikal, dan sintaksis.
Mendeskripsikan pemerolehan bahasa Inggris anak bilingual Melayu Manado-Indonesia. Pembahasannya mencakup penggambaran situasi kebahasaan di sekolah TK, kosakata yang diajarkan kepada para murid, dan interferensi lafal kosakata Bahasa Indsonesia/bahasa Melayu Manado terhadap bahasa asing.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang berperanan dalam proses pemerolehan bahasa kanak-kanak usia prasekolah.
Kumpulan makalah mengenai pembelajaran dan pemerolehan bahasa, standardisasi bahasa, preposisi, dan strategi membaca.
Penelitian ini memfokuskan pada kemampuan anak dalam menyusun struktur tuturan kreatif yang digunakan untuk berkomunikasi dengan teman sebaya dan orang di lingkungan terdekat. Dengan demikian, permasalahan yang diteliti adalah proses anak menggunakan strategi dalam memproduksi struktur tuturan kreatif. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 3--5 tahun yang sedang duduk di Taman Kanak-Kanak.
Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui penanda-penanda negasi yang berkembang pada anak umur 2,0 sampai 3,0 tahun, yang memiliki orang tua tunawicara. Penelitian ini mendeskripsikan tahapan perkembangan negasi dan menjelaskan fungsi dari penanda negasi yang diucapakan oleh anak tersebut.