Makalah ini secara komprehensif membahas situasi pengajaran bahasa Indonesia di Italia. Universitas mana saja yang mengajarkan, upaya peningkatan mutu pengajarannya, sikap/minat masyarakat Italia terhadap bahasa Indonesia, peranan pusat studi Indonesia, kerjasama yang dijalin, kendala pembelajaran, dan lain sebagainya.
Makalah ini menyampaikan adanya reformasi di bidang sistem pendidikan seksi bahasa Indonesia di Beijing. Untuk itu, dalam makalah ini dipaparkan sejumlah dasar pemikiran perlunya reformasi, contoh tindakan yang dilakukan, dan penyusunan bahan pelajaran yang cocok bagi siswa Tiongkok.
Makalah ini membicarakan seputar ICT (Information and Communications Technology) dan pengajaran bahasa Indonesia. makalah ini juga menjelaskan bagaimana model pembelajaran dengan ICT, persiapan guru bahasa untuk menghadapi model pembelajaran semacam itu, dan penjelasan tentang teori pembelajaran bahasa Indonesia mutakhir.
Dalam makalah ini dibahas mengenai kondisi pengajaran BIPA di Indonesia dan peranan Asosiasi Pengajar BIPA. Makalah ini juga menyinggung sikap, pemahaman, ketrampilan, dan kebiasaan para pengajar BIPA secara umum. Selain itu, terdapat pula ulasan mengenai kebutuhan pengajaran dan strategi pemantapan bagi pengajaran BIPA.