Buku ini berisi empat tulisan yang merupakan ringkasan tesis S2 dalam bidang kajian sosiolinguistik.
Buku ini merupakan penelitian yang dilaksanakan untuk melihat bagaimana kadar kebakuan bahasa dalam buku ajar sekolah dasar mulai kelas 1 hingga kelas 6. Hal ini dikarenakan menurut data, tidak semua bahasa yang digunakan dalam buku ajar menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
Buku ini ditulis dengan pendekatan nontradisional , dan dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 1. Mengenal Bahasa dan Linguistik, 2. Menganalisis bahasa, 3. Menjelajahi Linguistik.
leksem nomina dan verbal yang berupa nomina dan verba serta perubahan makna yang sejalan dengan topik kajian perluasan atau perkembangan makna dan istilah.
Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan dengan mengambil percontohan buku-buku yang digunakan dalam buku pelajaran sekolah dasar kelas 5 dan kelas 6. Uraian dalam penelitian ini memberikan gambaran bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam buku ajar harus lebih cermat lagi karena berdampak langsung pada pengguna, khususnya siswa.
membahas tentang penggunaan nama pada anak yang baru lahir dengan menggunakan kosa kata bahasa Jawa