Buku tersebut berisi tentang masalah salah anggapan, masalah penaturalisasian, masalah kelompok kata, masalah peristilahan, maslah ejaan, maslah penjabaran (derivasi), dan masalah pengayaan kosa kata.
Isi buku tentang pikiran dan bahasa, konsepsi bahasa Indonesia dalam kedwibahasaan, konsepsi bahasa Indonesia dalam peristiwa interferensi, konsep bahasa Indonesia dan analisis kontrastif, periwtiwa belajar-mengajar bahasa kedua, dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia.
Suatu kehharusan bagi masyarakat pemilik bahasa Indonesia untuk memelihara, membina, mengembangkan, dan memajukan bahasa sendiri. Anggapan Mempelajari bahasa sendiri merupakan tindakan pemborosan adalahsalah satu dari masalah yang dihadapi bahasa Indonesia.
Semua warga Indonesia tanpa kecuali mempunyai tanggung jawab untuk ikut serta memelihara bahasa Indonesia.Memnjelaskan bagaimana cara mengenalkan kepada anak-anak TK untuk berbahasa Indonesia dan menggunakannya dengan baik dan benar.
Makalah ini memaparkan model cerita wayang yang diterapkan untuk pendidikan karakter kapada siswa sekolah dasar. Diuraikan pula tokoh-tokoh pewayangan yang dapat memberikan contoh teladan atau sebaliknya, sebagai gambaran mengenai model pembelajaran ini.