Hasil penelitian bahasa tentang kata tugas bahasa Bugis mulai dari ciri gramatikal kata tugas, distribusi kata tugas,fungsi kata tugas dan makna kata tugas.
Buku tersebut berisi tentang jumlah kata, bentuk kata, dan jenis kata.
Pemerolehan tata kalimat anak prasekolah ekabahasa Bugis pada batas usia 4--5 tahun lebih banyak mengadakan peniruan kreatif sempurna daripada peniruan kreatif tidak sempurna. Hal itu dapat ditunjang pula oleh masa transisi dari peniruan tidak sempurna ke peniruan kreatif sempurna dalam sistem bunyi. Ketidaksempurnaan dalam pelafalan fonem mengakibatkan kalimat tunakorespon.
Dideskripsikan bentuk perulangan, segi fonologis perulangan, segi gramatikal perulangan, dan segi semantik perulangan bahasa Bugis.
Proses morfologis bahasa Bugis tidak jauh bebeda dengan proses morfologis bahasa Indonesia terutama jika dilihat dari segi jenis-jenis proses morfologis yang dimiliki oleh kedua bahasa tersebut, yaitu kedua bahasa tersebut mengenal afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan.