Buku ini memaparkan secara detail hal-hal yang berhubungan dengan bahasa serta penggunaannya dalam masyarakat yang dikembangkan dengan memasukkan unsur lintas budaya
Melalui buku ini pembaca diajak mencermati bahwa bahasa tidak semata-mata sebagai alat komunikasi, pertukaran informasi, melainkan bisa menjadi arena tidak netral yang berorientasi pada kekuasaan.
Pemilihan dan loyalitas bahasa pada masyarakat tutur Jawa di Banyumas dibatasi pada salah satu rumah sosiolinguistik, yaitu rumah keluarga. Pada masyarakat perkotaan cenderung memakai bahasa campuran, baik berupa alih kode maupun campur kode dengan dominasi bahasa Jawa.
Makalah urutan ketiga dalam Makalah Utama.
Makalah ini membahas upaya mengoptimalkan pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing dengan memanfaatkan unsur sosial dan budaya Indonesia yang adiluhung.
Kebutuhan guru dalam pengembangan materi ajar dan pembelajaran berbasis konteks multikultural ini dikembangkan berdasarkan (a) wawasan guru, (b) cara pandang guru terhadap pendidikan multikultural, (c) kegiatan multikultural di sekolah, dan (d) pelaksanaan pembelajaran. Kebutuhan siswa dalam pengembangan materi ajar dan pembelajaran berbasis konteks multikultural ini dikembangkan berdasarkan (a…