Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 menekankan kepada sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan menalar dengan menjadikan bahasa sebagai ilmu pengetahuan dan pembelajaran berbasis teks. Pembelajaran berbasis teks bertujuan membawa peserta didik sesuai perkembangan mentalnya dan menyelesaikan masalah kehidupan nyata. Guru SD dituntut mampu memberikan bekal kepada pesert…
Melalui pembelajaran berbasis teks yang diterapkan dalam kurikulum 2013, siswa dibiasakan membaca dan memahami teks serta meringkas dan menyajikan ulang dengan bahasanya sendiri. Siswa dibiasakan pula menyusun teks yang sistematis, logis, dan efektif melalui latihan-latihan penyusunan teks.
Membahas perihal pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks menurut kurikulum 2013. Ada dua hal yang dibahas dalam tulisan ini. Hal pertama berkenaan dengan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh peserta didik dalambelajar berbahasa Indonesia yang berbasis teks. Hal kedua bersangkutan dengan bekal pengetahuan apa saja yang berkaitan dengan teks yang harus dimiliki guru agar dapat melaksanakan k…
Memberikan solusi terhadap kesulitan pendidik dalam memahami dan mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia dengan acuan kurikulum 2013.
berisi kumpulan makalah-makalah hasil pelaksanaan seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ke-3 tahun 2014