Buku ini berisi tentang sejarah literasi media, perkembangan, konteks ekonomi, politik sosial media, membangun pijakan teori, lantas memfasilitasi beragam literasi media sesuai sasaran
Buku ini berisi pedoman dan kiat menulis artikel di media cetak, dilengkapi contoh-contoh dan alamat redaksi beberapa media cetak.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai bahasa Jawa di dalam media massa cetak, terutama pada topik yang diliput. tipe wacana dalam media massa cetak, keunikan kebahasaan dalam media massa cetak, serta pendapat masyarakat tentang arah perkembangan media massa cetak bahasa Jawa dan bahasa Jawa di dalam media massa cetak.
Buku ini menjelaskan aturan - aturan yang perlu diperhatikan para wartawan / para praktisi yang berkecimpung dalam media massa, yaitu berupa serangkaian kata yang disajikan secara singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, lugas, dan menarik.
Buku ini berisi berbagai hal sehubungan dengan bahasa Indonesia jurnalistik, dimulai dari hal-hal yang mendasar hingga bahasa jurnalistik masa kini.
Dalam wacana humor, umumnya yang menyimpang justru menimbulkan terjadinya kelucuan. Selain itu wacana humor tersebut merupakan salah satu strategi komunikasi yang digunakan dalam masyarakat untuk menyampaikan pesan atau kritik yang bersifat membangun, dengan menerapkan prinsip-prinsip pragmatik secara terbalik.
Penelitian ini berkontribusi pada bagaimanakah sarkasme dalam pemakaiaan bahasa Indonesia pada judul berita di harian berskala nasional dan daerah.
Dalam makalah ini akan dibahas pemakaian bahasa Indonesia dalam surat kabar. Fokus pengamatan hanya dibatasi pada surat kabar yang terbit di daerah Banten. Hal ini karena alasan praktis, yaitu penulis tinggal di daerah tersebut. Adapun pembahasan hanya dibatasi pada penggunaan awalan meng- dan penggunaan gaya bahasa eufemisme saja.
Tulisan ini mencoba menjawab pertanyaan sebagai berikut. Apakah media massa khususnya yang dijadikan sampel telah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik? Data menunjukkan bahwa media massa sering menggunakan istilah asing dengan begitu mudah, tanpa memperhatikan pedoman pembentukan istilah, seperti title, fit and proper test, dan centers of excellence yang sudah ada padanannya dalam bahasa…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan hubungan makna antarbagian dalam judul surat kabar dan majalah, serta mendeskripsikan pilihan kata dan majas (gaya bahasa) yang dipakai.