buku ini menguraikan berbagi hal di sekitar penilaian hasil pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa maupun mata pelajaran yang lainnya .
Buku itu mengungkapkan kemampuan apresiasi kritik yang pada tatarannya tidak hanya sekedar menghayati karya sastra yang dibacanya tetapi juga sangat fasih mampu menjelaskan keterlibatan dirinya dalam karya sastra yang dibacanya tersebut.
Membahas karya-karya kritik sastra Indonesia di Yogyakarta khususnya yang telah dipublikasikan di jurnal Humaniora, Litera, Diksi, Gatra, Sintesis, Bahastra, dan Widyaparwa tahun 2000--2008. Lebih khusus lagi, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menginventarisasi berbagai hal yang berhubungan dengan dinamika dan orientasi kritik akademik yang muncul di dalam jurnal beserta kecenderunga…
Bertujuan mengetahui keberadaan kritik sastra Indonesia di Yogyakarta tahun 1981--2000. Lebih khusus lagi, penelitian ini bermaksud mendeskripsikan dan menginventarisasi berbagai hal yang berhubungan dengan jenis dan orientasi kritik sastra yang muncul dalam media-media massa cetak yang terbit di Yogyakarta beserta kecenderungan dominannya.
Dalam penelitian itu dideskripsikan dan diinventarisasi berbagai hal yang berhubungan dengan jenis dan orientasi kritik sastra yang muncul dalam media-media tersebut beserta kecenderungan dominannya. Di samping itu buku tersebut menyoroti seberapa besar peranan media-media massa cetak dalam konteks perkembangan sastra Indonesia di Yogyakarta.
Dalam penelitian ini ini dideskripsikan dan divisualisasikan berbagai hal yang berhubungan dengan orientasi kritik sastra yang muncul dalam media: Minggu Pagi, Masa Kini, dan Semangat.
Di samping berisi tes kebahasaan dan kesastraan, juga berisi prinsip-prinsip penilaian terhadap bahasa dan sastra Indonesia secara umum serta rangkuman butir-butir inti dan latihan.
Buku itu berisi teknik analisis butir soal baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif yang mudah dipahami dan dipraktikkan guru di sekolah. Dalam buku itu disertai pula contoh-contoh formatnya untuk analisis secara kualitatif dan contoh-contoh analisis kuantitatif secara manual. Kemudian dilanjutkan dengan analisis dengan mempergunakan kalkulator dan program komputer.
Buku itu berisi cara penulisan butir soal berdasarkan penilaian berbasis kompetensi yang disertai pula dengan contoh-contoh yang standar tentang pengisian tes tertulis, tes perbuatan, dan tes sikap yang mudah dipahami di praktikum guru di sekolah.