Buku ini berisi mengenai komposisi, Kalimat efektif, Bacaan dan Berdiskusi.
Makalah ini berisi tentang model pembelajaran CTL sangat tepat digunakan untuk pembelajaran materi Teks Diskusi pada siswa SMP dan model CTL ini dianggpa model tidak membosankan dalam pembelajaran
Buku ini merupakan buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas kelas III berdasarkan kurikulum 1984 dan GBPP 1988.
Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah random sampling. Jadi jumlah sampel yang digunakan 40 orang dan dibagi menjadi 20 orang tiap kelasnya. Berdasar hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signitifikan yang diberikan metode diskusi kelompok terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana Kabupaten Maros.
Tulisan dalam prosiding ini merupakan hasil diskusi ilmiah yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi DIY bekerja sama dengan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga yogyakarta dan Balai Pengkajian Pengembangan Komunikasi dan Informatika Yogyakarta. Diskusi ini dilaksanakan pada tanggal 29 September--1 Oktober 2014 di Hotel Arjuna Yogyakarta yang diikuti oleh 44 pemakalah kebahasa…