Wacana HOTS sangat erat kaitannya dengan literasi. Literasi dimaknai sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Pelajaran bahasa Jerman di SMA dan Perguruan Tinggi di Indonesia mengacu kepada standard Eropa. (GER/Gemeinsamen Erupaischen Rahmen, level A1, A2, B1, B2, …
Berisi penelitian mengenai kemampuan berbahasa Sunda murid SD kelas VI di Jawa Barat yang difokuskan pada kemampuan membaca dan menulis.
Penelitian bertujuan mengumpulkan dan mengolah data tentang kemampuan membaca dan menulis murid kelas VI SD di daerah Gorontalo, kesulitan yang dihadapi, dan memberikan sumbangan pemikiran untuk mengatasi kesulitan itu demi peningkatan mutu pendidikan bidang studi Bahasa Indonesia.
Buku tersebut berisi tentang membaca.
Penelitian bertujuan mengetahui kemampuan berbahasa Indonesia (membaca dan menulis) murid kelas III SMP di Sumatra Barat berdasarkan pengolah data yang diperoleh lewat penelitian lapangan.
Buku tersebut berisi mengenai kemampuan berbicara dan berkomunikasi yang baik. Pokok persoalan yang dibahas adalah relaksasi, konsentrasi, persiapan berbicara; teknik slight Edge; sikap altitude; mempraktikkan komunikasi; teknik proses kreatif dll.