Makalah ini mencoba menjawab permasalahan bagaimana persamaan dan perbedaan jenis maupun wujud kebahasaan variasi campur kode yang terdapat di novel chicklit bahasa Indonesia dan terjemahan.
Tulisan ini bertujuan mengidentifikasi kelengkapan materi ajar sintaksis dalam bahasa Indonesia dan model materi ajar yang perlu dikembangkan berbasis unsur suprasegmental perguruan tinggi di Surakarta.
Permasalahan yang dibahas dalam makalah ini adalah perbedaan kata majemuk dengan struktur beku (freezees) dalam bahasa Indonesia dan wujud formal struktur beku dilihat dari sudut pandang deiksis dalam bahasa Indonesia.
Makalah ini merupakan hasil penelitian tentang sejauhmana keadaan pembelajaran bahasa Indonesia di Jepang, yang dapat diketahui melalui jumlah pembelajar, tempat, dan motivasi pembelajaran tersebut, serta perkembangannya yang berkaitan erat dengan keadaan ekonomi di antara kedua negara bersangkutan.
Artikel ini membahas upaya-upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bercerita kepada siswa sekolah dasar di kawasan pedesaan.
Makalah ini membicarakan penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa, fokus pendekatan pembelajaran, penawaran pendekatan dengan label focus on form sebagai upaya reorientasi penerapan pendekatan komunikatif, serta dua tipe penerapan pendekatan focus on form.
Makalah ini memaparkan model cerita wayang yang diterapkan untuk pendidikan karakter kapada siswa sekolah dasar. Diuraikan pula tokoh-tokoh pewayangan yang dapat memberikan contoh teladan atau sebaliknya, sebagai gambaran mengenai model pembelajaran ini.
Makalah ini menguraikan inovasi pembelajaran bagi tenaga pengajar melalui paparan tentang aspek-aspek pembelajaran keterampilan berbahasa di sekolah dan beberapa penjelasan lain yang mendukung.
Pembahasan yang difokuskan dalam kajian makalah ini berkaitan dengan pengajaran atau pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat digunakan sebagai salah satu pengembang kepribadian generasi muda, serta peran guru dan dosen bahasa Indonesia dalam pengembangan kepribadian generasi muda di dunia pendidikan.
Makalah ini membahas keterampilan membaca dan menulis berdasarkan hasil pengamatan penulis pada kondisi di sekolah. Kajian topik ini akan membuka dan mengubah cara befikir siswa menjadi lebih kritis. Upaya yang dilakukan adalah menerapkan kemampuan berfikir kritis pada diri siswa melalui pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah untuk memperkuat jati diri bangsa.